ANIMASI MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPAT NYA

MAKALAH ANIMASI SOFTWARE BLENDER
“ANIMASI MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA “

Disusun Oleh:

SEVEN SIMANJUNTAK   (58416255)
CORRYLIA OCTAVIANA            (58416199)
ICHSAN DEVANDRA H    (53416362)


KELAS 3IA13
Mata Kuliah: Desain Pemodelan Grafik (Softskill)
Dosen: Ibu INDAH WAHYUNI



                          FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
PENDAHULUAN
            Saat ini banyak sekali produk-produk animasi 3D. Begitu juga banyak sekali program televisi yang menayangkan berbagai animasi 3D, animasi Kartun yang dulu nya masih 2D hingga saat ini sudah banyak perkembangan menjadi 3D, contoh nya: Doraemon yang dulu nya masih pada animasi 2D namun saat ini sudah berkembang hingga berbentuk 3D contoh nya : “Stand By Me “. Pada Tugas kali ini saya dan teman –teman berinisiatif membuat animasi 3D yaitu “Animasi Membuang Sampah Pada Tempatnya”. Dengan menggunakan salah satu software yaitu Blender untuk mempermudah pembuatan nya telah disediakan tool-tools yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dalam pembuatan animasi kali ini.  
Agar kita lebih mengetahui apa itu aplikasi blender dan untuk mengetahui bagaimana caranya untuk membuat bentuk – bentuk 3D itu kita harus mengetahui :
1.      Apa itu aplikasi blender ?
2.      Bagaimana sejarah Aplikasi Blender ?
3.      Apa saja yang terdapat pada apikasi blender ?
4.      Apa kelebihan aplikasi blender ?






PEMBAHASAN

       A.    PENGERTIAN


Blender adalah gratisopen sourcegrafis 3D aplikasi yang dapat digunakan untukmodeling , UV membuka bungkusan, texturing, rigging , air dan simulasiasap, menguliti ,animasi , renderingpartikel dan lain simulasi , non-linear editing , compositing, dan membuat interaktif 3D aplikasi, termasuk video game, film animasi, atau efek visual. fitur-fitur Blender termasuk alat simulasi canggih seperti kaku, realistis, tubuh, kain dan dinamika fluida softbody, berdasarkan pemodelan alat-modifier, animasi karakter tools canggih, sebuah bahan berbasis node dan sistem compositing dan Python untuk scripting tertanam. Dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi , termasuk GNU / Linux , Mac OS X , FreeBSD , OpenBSD dan Microsoft Windows .
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

B.   SEJARAH

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa.Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender.Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo.Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation.Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source.Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.

C.   FITUR – FITUR

Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000
 download dari rilis masing-masing.

Fitur termasuk:

·    Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva
      B- spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh;  
      Python Scripting

·    Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang

·    Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi
      Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala
      animasi

·    Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang,
     non- square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek
     termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-
     defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal

·    UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping
     berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV

·    Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading
     Tangent; peta Refleksi

·    Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida;
      solver Realtime tubuh lembut

·    Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit,
      konverter,
      warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk
      gelombang dan U / V menyebar plits

·         Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan
      Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul,
      majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit;
      Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan
      OpenGL; Python scripting; Audio


·         Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk  
       digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD,
       Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .

·         Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .

·         Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia Diekseskusi berukuran
          kecil, dan distribusi rendah

TAHAP PEMBUATAN ANIMASI

Pada Kali Ini Kelompok Kita Membuat Animasi Blender 3D Tentang
“ANIMASI MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPAT NYA”
Proses pembuatannya yaitu:
·         Langkah pertama kita membuat modelnya terlebih dahulu
·         Kemudian kita berikan teksture
·         Lalu mengatur posisi objek tersebut
·         Dan mengatur posisi cameranya

Hasil outputnya:



Pertama – tama ambil sampah tersebut untuk dibuang ke masing – masing
jenis tempatnya.


Lalu robot tersebut akan berjalan ke bagian tempat sampah untuk  membuang apel dan botol. 




      Terakhir robot tersebut akan membuang apel ke tempat sampah yang bertuliskan
Organik lalu botol akan dibuang ke tempat sampah yang bertuliskan Anorganik



Dan ini adalah hasil tempat sampah Organik & Anorganik untuk membedakan  jenis – jenis sampah tersebut.




Tujuan membuat tempat sampah Organik dan Anorganik adalah:
agar sampah anorganik dapat di daur ulang dan dapat di pakai ulang, sedangkan organik dapat di jadikan kompos. Selain itu, tujuan lainnya dapat mengurangi sampah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Web

Penerapan Komputasi Modern di Berbagai Bidang dan Sejarah Komputasi Modern serta Macam-Macam Komputasi Modern